Rabu, 03 Oktober 2012

Jenis-jenis Artikel

Artikel merupakan karya tulis yang berupa opini seseorang yang mengupas tuntas tentang suatu masalah yang bersifat aktual dan terkadang kontroversial dengan tujuan untuk memberi tahu (informatif), mempengaruhi, meyakinkan (persuasif argumentatif) dan menghibur khalayak pembaca.
Berdasarkan cara penyampaian dan tingkat kesulitannya, artikel dapat dibagi atas empat jenis, yaitu :
1. Artikel Praktis
    Artikel praktis seperti petunjuk-petunjuk cara membuat, memperbaiki, dan mengoperasikan suatu alat. Artikel praktis lebih menitikberatkan pada keterampilan daripada pengembangan pengetahuan analisis untuk masalah. Penulisannya pun cenderung menggunakan karangan narasi. Artinya, pesan disusun sesuai dengan urutan waktu, peristiwa dan atau tahapan-tahapan. Contoh : artikel praktis adalah Cara-cara Merawat Muka yang biasa ada di majalah-majalah.
2. Artikel Ringan
    Artikel ringan biasanya mengangkat masalah-masalah yang ringan dalam artian tidak memerlukan pemahaman mendalam. Artikel seperti ini biasa dikemas dalam bentuk informasi atau hiburan. Membacanya pun tidak memerlukan perhatian dan konsentrasi penuh. Jenis artikel ini biasanya terdapat di tempat umum seperti rumah sakit atau stasiun. Salah satu contohnya adalah Kiat-kiat Hidup Sehat atau Cara Belajar yang Sukses di Perguruan Tinggi.
3. Artikel Halaman Opini
    Pada dasarnya, semua artikel ialah opini, namun artikel yang satu ini ditempatkan dalam surat kabar atau majalah di bagian khusus opini seperti tajuk rencana, karikatur, pojok, kolom, dan surat pembaca. Artikel opini biasanya mengupas tuntas suatu masalah secara akademis. Oleh karena itu, penulisnya harus orang-orang yang benar-benar ahli di bidangnya. Contoh artikel opini adalah Orangtua Guru Utama dalam Pendidikan.
4. Artikel Analisis Ahli
    Artikel analisis ahli lebih berat daripada artikel opini. Artikel ini juga harus ditulis oleh orang yang berdisiplin ilmu sesuai dengan topik artikel. Perbedaannya kalau artikel lain harus selalu menggunakan bahasa  populer, sedangkan artikel analisis ahli boleh menggunakan bahasa ilmiah. Artikel ini mengupas tuntas secara tajam, mendalam, dan luas suatu masalah yang sedang berkembang di masyarakat. Artikel ini biasanya ditempatkan pada ruangan khusus media cetak. Salah satu contoh artikel ini adalah Arah dan Tujuan Pendidikan Indonesia.

Sumber :
Jauhari, Heri. 2010. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Bandung : CV Pustaka Setia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar